curahan hati 2


Kaulah mimpi ku, aku kan selalu mengejarmu. Dan selalu dgan mu dan akan datang padamu, meski ku tak sampai .
Gengam tangan ku tatap mata ku dgan cinta mu, dan rasakan semua hangat’a kasih ku.
Berikan hidup mu dan hidup ku untuk mu, ku yakin kt bsa bersama, dan tetap bersama.
Chours:
Kaulah mimpi ku, aku kan selalu mengejarmu. Dan selalu dgan mu dan akan datang padamu, meski ku tak sampai d hatimu,
terimakasih tuhan, telah mengisi hatiku dgan cinta’a. Takan ku biarkan hilang, ku akan bertahan….
Terus berlari mengejar yg tak pasti, melompat meraih mimpi.
Bertahan demi satu tujuan.
Tujuan yg disebut CINTA ABADI . . . . . !!!
Ya allah aku mohon brikan dy kebhagian.
Jika emg dlm membrikan kebhagian pda’a q harus mengalah dan mengorbankan sesuatu aku mw .
Apapun itu !!
Krna hidup ku hanya sekali mati pun juga.
Aku ingin hidup ku lbh bearti . . . . !!!!

By ardinsahputra

puisi alfabet cinta


A:aku cinta kepadamu.
B:biarkan ku memilikimu.
C:cinta ini hanya milikmu.
D: dmi raga ku berjanji.
E:emg cinta itu gila.
F:fikiran q terasa menghilang.
G: galau rasa hati ini.
H: hilang sudah akal sehat q.
I: ijin kan ku menantimu.
J: janji ini hanya untuk mu.
K: kalau q tak memilikimu.
L: luka jiwa terasa perih.
M: mungkin hati terasa pedih.
N: nafas ku seakan berhenti.
O: otak ku terasa sakit.
P: pandangan terasa kabur.
Q: qurasa semua tak bearti.
R: raga ku tanpa dirimu.
S: semoga kita bersatu.
T: tanpa ada yang mengangu.
U: untaian kata hanya untukmu.
V: vasti kita takan terpisah.
W: waktu takan memisahkan kita.
X: xatu, 2,3 dan 4 abad.
Y: yakin lan kita takan terpisah.
Z: zaman cinta takan berakhir.

By ardinsahputra

cerita cintaku


Love is story

Ternyata kota Medan mulai disinari mentari yang indah, angin yang sejuk serta burung-burung yang bernyanyi dengan merdunya, seorang pemuda dari SMA harapan, Ardin syahputra, baru meningkat remaja. Dibandingkan dengan anak-anak sebayanya, ardin anak yang  cerdas, ceroboh ,tangkas, berpikiran tajam, kata-katanya mengagumkan, pintar bermainkan semua alat musik, serta bermain bola basket dan sepak bola meski pun terkadang ardin orangnya jaim dan cuek terhadap wanita meskipun ardin anak tidak pintar dalam pelajaran. Disamping itu Ardin memiliki rambut hitam dengan warna coklat, yang memperpanjang sebagai cerita berlangsung, dan mata coklatnya. Dia memiliki kulit lebih ringan, rambutnya tergantung di atas kedua sisi wajahnya kira-kira kerangka pipinya. Sebuah tema yang sering muncul dalam penampilan Ardin.  ia dianggap cukup tampan oleh hampir semua gadis di dekat usianya.

“Aduh terlambat nie gerbang sudah ditutup”…! Ujar ardin

“Jangan sampai reputasi sebagai cowok popular ternoda ne”…,,ucap ardin sambil mengerutu. “ baiklah kalau begitu ardin melompat pagar ajah” sambil lompat melewati tembok belakang sekolah.

“Ukh, ternyata hebat juga yah”,,. Ucap ardin dalam hati dengan bangganya.

Ardin segera berlari menuju kelas tanpa memerhatikan siapapun yang melihatku, tanpa sadar aku bertabrakan dengan seorang wanita.

“hei kalau jalan liat-liat lah, ngak punya mata yah”…!!! Bentak cewek itu pada ardin.

“Kau yang gak punya mata, dasar cewek, taunya hanya mara”..,! bentak ardin sambil melihatnya.

“Minta maaf kamu, jangan mentang-mentang kamu cowok disini kamu seenaknya ja”..!! bentak cewek itu padaku.

“Hmm…,, Nama kamu sapa”. Tanya ardin padanya.

“Aku silvy murid ”…,,jawabnya

“ kalau kamu ? Tanyanya pada ardin.

“Hmm…,, aku ardin siswa XII-ipa1 juga,, biasanya semua murid disini memangilku ardin… ucap ardin.

“Apa bedanya namamu sama nama pangilanmu tahu” , jadi kita satu kelas yah, ?! jawabnya dengan nada kesal.

“Tidak adah tu, kamu anak baru yah ?” jawab ardin dengan cuek.

“ iya, baru pindah hari ini, aku dan keluargaku baru pindah dari riau nie” jawabnya dengan lembut.

“ Oh…., murid baru yah ! yasudah salam kenal deh”. Ucap ardin dengan cuek

Akhirnya ardin segera meninggalkannya sendiri dan berlari menuju kelas. dengan nafas tergesa ardin sampai di kelas tanpa pikir panjang aku segera duduk.

“Sepertinya aku tak biasa melakukan hal apa pun selain bermain dan ini makin di perparah dengan reputasiku disekolah yang buat ku tertinggal pelajaran”.. pikir ardin sambil melamun.

“ARDINNN”….,!!! bentak pak asrul.

“Iyah pak”…,, jawabku sambil tersentang dari lamunannya.

“Apa yang kamu lamunkan nak” ?? Tanya nya dengan wajah kesal.

“Tidak ada pak Cuma lagi mikirin pertandingan nanti pak”..,, jawab ardin dengan santai

Yasudah buka biologimu halaman 10 tentang  sel. Bentak pak asrul pada ardin.

“Baiklah pak”..,, jawabku dengan santai sambil memikirkan masa depannya.

Akhirnya jam pelajaran pun selesai, segera ku berlari menuju kantin untuk mengisi perutnya yang mulai kosong ini.

PARA KETUA KELAS DIHARAPKAN BERKUMPUL DI RUANG RAPAT….

Aduh, ardin lupa ada rapat hari ini ! jawabnya dalam hati dan segera berlari menuju ruang rapat.

Tanpa pikir panjang dan melupakan rasa lapar ini. Tiba-tiba langkah ku berhenti ketika melihat sosok cewek yang sedang di kerumuni para cowok. Kalau tidak salah dia nayla murid kelas 2 ipa 1 sie, Dia memiliki mata coklat dan rambut cokelat panjang berkumpul di sebuah sanggul gaya Cina. Tanpa melihatnya tiba-tiba terdengar suara memangil ardin.

“ kak ardin..,,  teriaknya sambil memangil ardin.

ardin terus berjalan tanpa menghiraukan pangilanya.

“ kak ardin…,,!!! Teriaknya sekali lagi.

Tanpa pikir panjang ardin langsung menemuinya.

“iya dek, ada apa yah manggil kak”. Tanya ardin dengan cuek.

“ dek Cuma mau Tanya aja kak, kak mau ke tempat rapat kan ?? jawabnya dengan nada lembut.

“ iya emang kenapa yah dek ?? balas ardin dengan senyum.

“hmm…,, dek Cuma ingin bareng aja kak, kebetulan dek juga mau kesana. Jawabnya sambil membalas senyuman ardin.

“Hmm..,, yasudah. Kalau dek mau bareng”. Sambil memegang tangannya.

Terdengar olehku suara bisik murid-murid lain yang membicarakan mereka berdua, maklum lah ardin salah satu bintang di sekolah ini dan nayla cewek yang di sukai para anak cowok,  tapi ku hanya menaggap itu hanya hal biasa.

Lama kami terdiam. Setelah menekan perasaan kuat-kuat, ardin akhirnya memecahkan kesunyian dengan mulai bercerita tentang dirinya. ardin katakan bahwa mendengar semua tentang dia dari teman sekelasnya.

“ kak ardin,, nay pengen bicara sesuatu lo sama kak ??” Tanya nya dengan nada lembutnya.

“ hmm….,, apa yah dek, kak penasaran nie ?? jawab ardin sambil memgunyah permen dari kantongku.

“ kak ardin, nay mau Tanya nie, kak ardin bisa jadi sahabat dek ?? Tanya nayla dengan wajah sedihnya.

“ hmm…, kalau boleh tau dek, ada apa yah ? balas ardin dengan penasaran.

“  nayla selalu merasa sedih kak, jika melihat teman-teman menjahuiku” Jawabnya dengan sedih.

“ baiklah dek !! kak akan jadi sahabat dek” jawab ku sambil tersenyum padanya.

“ terima kasih banyak kak”. Balasnya dengan senyuman.

“aduh gawat kita terlambat rapat nie ??” ujar ardin dengan berlari sambil memegang tanagnnya.

Tanpa merasa terganggu ardin dan nayla segera berlari keruang rapat dengan sangat tergesa-gesa. Setelah keluar dari ruang rapat aku memutuskan untuk berpisah jalan dari nayla.

ardin berjalan menuju kantin untuk mengisi perut yang tertunda tadi.

“ardin?”

Seseorang memangil namanya.

ardin menatap terkejut. Seorang gadis yang dia jumpa tadi sambil memegang buku yang selalu dibawanya. Dia memiliki kulit yang adil dan mata cokelat. Kecuali poninya, yang dibelah tengah dan jatuh dari sisi wajahnya, rambut pirang terikat menjadi dua ekor kuda menggunakan band dalam warna yang sama dengan meterai di dahinya yang sering dibilang cewek paling cantik.

Dunia seakan berhenti berputar. Ardin hanya mengejapkan mata dan setenagah berharap ini hanya mimpi. Tapi, sosok itu berdiri di depannya. Sinar matahari menyeruak dari tengah kegelapan dan jatuh menimpa tatapan gadis itu., tidak, ini bukan manusia biasa. Ini bidadari yang menjelma kedunia! Ardin  merasa dadanya berdegup kencang dan nafas menjadi sesak.

“Nadia ?” suaranya terdengar parau. Benarkah ini nadia nak ipa 6 itu ? ternyata benar gossip sekolah selama ini dia anak yang menawan !

Ardin kembali memandang wajahnya, tak percaya ternyata nadia se manis ini. Akhirnya ardin segera berlari menuju kelas. Tiba-tiba terdengar suara memangilnya.

“ iya kak ini nadia, maaf yah ngak nyapa kak  !” teriak nadia padanya.

“ ngak apa dek, salam kenal juga yah !” teriak ardin.

Ternyata dia tertarik padaku meski, yang penting jangan terpancing dulu deh sama dia.

Ardin  menggaruk-garuk kepala yang sebenar-benarnya terasa gatal. Ardin menatap geram sepuluh soal di hadapannya. Ardin tak dapat berpikir. Ardin tak mengira bahwa ada ulangan hari ini. Parahnya lagi, ardin tak dapat mengarang jawaban setidaknya membuat kertas ujian ini tidak tampak kosong.

Ardin melirik jawaban arvy. Dengan sigap arvy, yang biasanya tidak pernah sepelit ini memberitahunya jawaban dan malah menutupinya. Ardin pun kesal dengan perbuatan sahabatnya ini.

“vy, pelit amat sie loe kasih tau gw ?, sie amat aja gak pelit. Bisiknya pada arvy.

“ din, bukannya aku pelit tapi kalau ketahuan aku bisa dikeluarkan dari kelas”. Bisik arvy pada ardin.

Ardin pun hanya terdiam mendengar pernyatan sahabatnya. Rasanya langit ini mau runtuh, angin seakan bertiup kencang, jantung berdetak tak menentu. Ardin berharap agar ada yang datang memberikan jawaban kepadanya.

Tiba-tiba ketegangan suasana ujian pun tergangu ketika kepala sekolah masuk dengan seorang murid pindahan.

“anak-anak, maaf bapak menggangu sebentar, soalnya kita kedatangan murid pindahan dari riau”. Kata pak burdin.

“ iya pak !!” teriak para murid.

Tanpa basa-basi pun pak burdin menyuruh murid pindahan itu memperkenalkan diri. Meski pun ku tak menghiraukan apa yang dia ucapkan, karena soal yang yang masih mengancamku di hadapanku ini.

“perkenalkan, nama saya silvy, siswi pindahan sma 1 riau, salam kenal semuanya. Ucapnya.

Semua murid terpesona melihat kecantikannya, wajar lah ia membiarkan rambutnya tumbuh sepinggang, dengan lurus-potong poni yang menutupi dahinya. Alur dagu-panjang yang bingkai wajahnya masih tetap, tetapi kurang jelas karena lagi hairstyle nya. pakaian-nya terdiri dari sweter zip-up putih dan lavender dengan celana biru tua dan sandal hitam. Terdengar suara teriakan salah satu siswa.

“ uda punya cowok belum, dan punya nomor hp ngak ??

“  belum kog. Punya kog” jawabnya denag singkat.

Tapi percakapan itu di potong pak burdin,. Pak burdin bertanya apa mau silvy mengikuti ujian yang sedang berlangsung. Dengan tenang silvy menjawab iya dengan tersenyum

“silahkaan duduk disebelah ardin” ! ucap pak burdin pada silvy.

“YAH PAK !!!!!” keluh para siswa.

Ardin tak palah menghiraukan silvy duduk di sebelahnya. Ardin mengeluh kesal. Hari ini sial banget yah. Biasanya otak nie lancer, eh uda gitu cewek nyebelin disebelahnya. Padahal sie ardin pengenya duduk sama arvy bukan cewek nyebelin nie. Tapi kenapa tiba-tiba buk dewi mendapat ilham. Beliau mengecak tempat duduk.

Ardin menatap tak mengerti soal-soal di hadapannya. Akhlak yang selalu sulit dilakukan adalah… apa! Ardin merutuk dirinya sendiri. ia pasti sedang keluar ketika pelajaran itu.

Ia kembali mengaruk kepalanya. Dalam kebingungan ia menoleh ke silvy.

“ nah ardin silahkan liat, sebagai permintaan maafku tadi pagi ! ucapnya dengan suara lembutnya.

Silvy kembali menatap kearah ardin.

Ardin menatap kertas jawaban milik silvy. Dengan perasaan ragu ia coba memberi isarat agar silvy mendekatkan kertasnya. Tapi ntah kenapa perasaan egois itu datang dalam hati beribu rasa curiga dan pikiran negative mendatanginya. Dengan spontan ia menjawab.       “ tak usah silvy ardin bisa kog, makasih yah”! jawab nya dengan kecewa.

“ maaf yah ardin, silvy hampir buat ardin terjerumus”! balasnya dengan senyum.

Dasar bodoh aku ini, uda bagus aku dapt ilham, sok mau nolak. Rejeki itu bodoh, sok munak kau khan, gak mungin kau bisa dikasihnya lagi. Dasar ardin bodoh, keluh nya dalam hati.

Bu guru dengan tenang menghampiri nya dan menarik kertas jawaban nya. Ia  hanya menatap tak percaya melihat kertas jawaban nya yang sedang dibaca buk dewi.

“ apa-apa an ini kog belum ada di isi!! Bentak buk dewi.

“ tenagng bu semua jawaban sudah ada dalam otak ini” jawabnya dengan tenang.

“ YASUDAH !!! cepat kerjakaan sebentar lagi dikumpul. Ucap buk dewi.

“ baiklah buk !! jawab ardin sambil meledek

Baik anak-anak semua lembar jawaban kalian dikumpul semua !!! ucap buk dewi kepada semua murid.

Buk dewi dengan tenang menarik kertas jawabanya hingga menjadi serpihan-sepihan kecil. Ardin hanya menatap tak percaya melihat kertas jawabannya di robek, dan hancur luluh lanta di atas lantai.

Ardin melirik geram kearah edo di sampingnya. Ia melihatnya edo sedang tertawa jahat dalam hati melihat kertas ujianya dirobek. Terlihat jelas di tawa sumbang pelan yang keluar dari mulut edo.

Silvy menatap prihatin. Dengan perlahan ia menarik kembali kertas jawabannya.

“ ardin kamu dasar malas, kamu bias meninggalkan ruangan ini,” kata buk dewi sambil tersenyum. Beliau berdiri di samping bangkunya sambil menunggu ardin pergi.

“ ardin ibuk tidak menyalahkan mu, karena hari ini, ibu bangga padamu di ujiaan hari ini ibu hanya melihat akhlak dari murid-murid ibu, ternyata kamu paling jujur dalam ujian ini. Ibu sempat melihat silvy mencoba memberi mu jawaban tapi kamu menolaknya dan membiarkan nilaimu jelek. Ibu sengaja merobek kertas mu karena bagi ibu nilai bukan lah segalanya tapi akhlak lah yang yang membuat kita di terima di mana pu. Sekali lagi ibu bangga padamu”. Puji buk dewi pada ardin sambil mengelus rambutnya yang coklat lembut.

Ardin dengan hati agak bahagia menghentikan langkahnya. Ia melongokkan kepala ke dalam kelas dengan senyum sopan. Kemudian ia berlari dengan  kesal di lorong-lorong kelas sambil menuju kantin.

Tak lama, ardin menikmati secangkir cappuccino dan sebuah roti. Sambil sekali ia melihat sekelilingnya.

Mata ardin mencari-cari di selah keramaian. Ia melihat nadia sedang menuju kantin bersama temannya.

“ hai kak.., kak ardin,” sapa nadia ketika mereka sudah masuk dalam kantin dan sedang antri memilih makanan kecil.

ardin meoleh kearah nadia.

“ ada apa yah dek,” kata ardin sungguh-sungguh.

Nadia tersenyum. Perut ardin kembali berkomentar rasa tidak enak yang mengeluti pikiran dan perutnya.

“ kak ardin sedang apa disini. Tanya nadia dengan senyumnya.

Ardin tersenyum. “ lagi makan aja nie dek. Jawab ardin.

Nadia tersenyu.” Kak nadia boleh temani kak khan ?!” pancing nadia

Ardin mengangguk sekilas. Mengiyakan saja perkataan nadia.

Amabil mengusap-usap keringat yang mengucur kepalanya yang mulai terasa pusing ardin mencoba untuk bicara dengan nadia. Ia menatap sedikit heran ke arah nadia tidak sama sekali tergangu ketika ku menatapnya. Ardin kemudian mengabaikan perasaan cintanya itu. Tertutup rasa naïf ungkapkan rasa ini.

Nadia tersenyum. Tapi di mata ardin senyum nadia itu tampak melumpuhkan keberaniannya untuk ungkapkan perasaannya. Mungkin perasaan bahwa dia masih punya pacar membuatku tak berani mencintainya.

“ dek, makasih yah ?” jawab ardin

“ makasih apa kak ? Tanya nadia, heran.

Ardin masih menatap nadia kagum. Wajahnya yang teduh masih setia terlindung jilbab putih bersihnya. Tubuhnya yang ramping terbalu seragam sekolah yang indah. Senada dengan warna jilbab yang dikenakannya.

“ tadi kak mau bilang apa ? Tanya nadia sambil membentulkan letak tas bahunya yang melorot. Senyum kembali menghiasi wajahnya.

Ardin sempat melihat nadia memerhatikan penampilannya. Yang mungkin sekarang tampak sekilas cahaya keindahannya.

“ dek kak mau berikan sebuah kertas, kak harap nadia jangan pernah membukaknya sebelum nad tahu apa maksudnya.” Ucap ardin dengan malu sambil memberikan sebuah kertas.

“ apa maksudnya ini kak ?” jawab nadia, heran.

“ kakak hanya berikan satu kalimat buat nadia agar tahu maksudnya. penerang dikala gelap meskipun mengorbankan dirinya. Jawab ardin dengan senyum sambil meninggalkan nadia.

“ kak ardin apa maksud dari kata-kata tadi kak”!! teriak nadia.

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengorbanan Sebuah Cinta

Huwwh…,, desah nadia sambil mengangkat kepalanya yang kian berat. Jilbab hijau yang ia kenakan masih berbau harum. Ia sandarkan tubuh nya di sebuah sofa yang empuk. Kamar ini merupakan tempat sehari-harri nadia melepas lelahnya. Ia memandang keadaan sekelilingnya, sambil mengingat canda tawa sahabatnya.

Bruuukkk !!! ia tersentak dari lamunan mengingat surat yang di berikan ardin kakak kelasnya itu. Tidak ada kata apa pun. Ia hanya terdiam. Saat melihat sebuah kertas kosong di hadapanya. “Mungkin kakak ardin hanya bercanda saja, tapi akan ku terima tantangnya” ucap nadia dalam hati.

Sesegera mingkin nadia menghapus wajah kusamnya. Sambil membenahi tas dan buku yang akan di bawanya. Ia pun segera meninggalkan kamarnya dengan melambatkan kaki mungilnya yang di hiasi dengan kakus kaki putihdan terbungkus sepatu berwana hitam, berpadu dengan rok hitam, baju, dan jilbab hitam. Dengan perlahan, ia melangkah keluar rumah sambil berpamitan.

“ mau kemana nak, pagi-pagi sudah mau pergi saja, ini kan hari minggu ? jawab ayahnya dengan senyum.

“ mau kerumah kak rabiah, yah…!!! Jawab nadia dengan senyumnya.

“ mau kemana sayang sama kak rabiah !?” potong mama sambil membawa sebuah bolu.

“ ngak ma, Cuma mau jalan-jalan aja kog nadia” jawab nadia dengan lembut.

“ yasudah pergi lah, tapi hati-hati yah sayang”  teriak mama.

Huwwssshh… angina segar menerpa wajahnya yang lelah, tersapu dengan udara sejuk dari segala arah. Sasaat ia memandang burung yang terbang bahagianya

*****

Setelah sampai di rumah rabiah, segera menceritakan kejadiannya yang dia alami bersama kak ardin.

Nadia memulai pembicaraan mengenai acara ulang tahu teman sekelasnya.

“ owh ya biah ? kamu jadi ngak ikut ke acara ultah intan ??? Tanya biah dengan senyum.

“ ikut sih nampaknya kak ? jawab nadia dengan nada kesal.

“ kalau ngak salah cowok yang kamu suka dulu si dave ikut loh sama pacarnya mai ?” goda rabiah pada nadia.

“ emang kenapa rupanya kak ?” jawab nadia dengan cemberut.

“ ntar kamu cemburu lagi melihat mereka berdua” jawab rabiah dengan lembut.

“ ya sudah kak nadia ngak ikut deh !” ucap nadia.

“ hmm… ajak kak ardin aja nad biar seru loh.. heheh, lagian kamu suka juga kan sama kakak ardin” tawa raya

“ ya sudah ntar nadia coba ajak kak ardin, iya sih nadia suka kog.” Jawab nadia sambil malu.

“yaudah tunggu apa lagi, ecek-eceknya PDKT gitu sama kakak ardin” jawab raya sambil tersenyum.

“ yasudah ntar malam ku coba biot” jawab nadia sambil kesal

“nadia..,” panggil ayahnya dengan wajah sadhu. Panggilan tersebut membuat nadai semakin larut dalam sedih. Nadia tidak sanggup melihat langit sambil menahan sedihnya. Awalnya nadia hanya mampu tersenyum menahan rasa sedihnya selama ini. Namun seketika saja suara ayahnya memangil lagi.

“ nadia…,,!!” cepat pulang, sudah sore “ teriak ayahnya.

“ iya yah..,, nadia pulang kog” jawab nadia sambil berpamitan.

Sambil berusaha tegar di hadapan ayahnya. Ia tidak ingin ayahnya tahu betapa cengengannya anaknya ini. Namun, detik terus berganti. Gerimis itu kembali. Ia sudah berusaha menahannya, tetapi tetap saja butiran itu semakin derasjatuh membahasahi pipi. Dia pejamkan matanya sesaat. Seperti ada belati tajam yang menghujam ke dalam uluh hatinya. Terdengar suara ibunya memanggil.

“ nad…,nadia”! teriak ibunya sambil mengetuk pintu

“ iya bu, silahkan masuk” jawab nadia sambil menghapus air matanya.

“ Kenapa nadia menangis ?” Tanya ibu dengan heran.

Tanpa pikir panjang nadia menceritakan semua hal yang membuatnya sedih, meski dia tahu ini tak pantas untuk diceritakan meskipun sama ibunya sendiri.

“Oh, jadi itu yang membuat anak ibu ini menangis? Kamu terlalu larut dalam sedih nak! Jangan berpikir seperti itu. Allah sang pemberi kebahagian bagi tiap-tiap ciptaan-Nya. Seekor semut pun sudah diberikan kebahagian. Apa lagi kita makhluk yang paling sempurna diciptakaan-Nya. Jangan takut, semua akan baik-baik saja.

Kata-kata ibu memberikannya sejuta harapan, menghidupkan hatinya yang terlanjur lumpuh dan mati. Ia begitu kagum mendengar perkataan ibunya. Sementara nadia hanya biasa tersenyum mendengar ucapan ibunya.

“ Terima kasih bu, nadia sayang ibu.!!” Ucap nadia sambil memeluk ibunya.

“iya nak ibu sayang nadia..!!” jawab ibunya sambil membalas pelukan anaknya.

Dalam hati nadia bertekad melupakan dave cowok yang dia sukai, yang di miliki temannya sendiri. Tanpa buang-buang waktu nadia mencoba meng-sms kak ardin buat di ajak ke acara ultah temanya intan.



 

 

Menanti

                        Sudah Jam Setengah delapan. Di luar angin bertiup dengan kencang disertai kilat yang menyambar sekali-kali. Tandanya hujan lebat mau turun. Ardin mondar-mandir di kamarnya dari tadi. Ardin gelisah sekali. Sekali-kali matanya memandang jam dinding yang tergantung dekat gambar hiasan. Ardin gelisah karena Nadia, adik kelasnya yang tadi belum mengSMSnya. Cuaca pada saat itu gelap dan akan turun hujan. Ardin gelisah, sebab ia sangat ingin mengenal nadia, lagian Orang tuanya tidak ada dirumah.

Kemudian  Datang lah Fikri Dengan mengejutkan.

“ bang din!” teriaknya sambil mengejutkan

“ya, fik,” jawabku dengan emosi.

Kemudian fikri menghampiriku.

“ kenapa bang?” katanya kepada ardin

“gadak fik!, Cuma lagi menunggu sesuatu aja”. Kata ardin sambil gelisah.

Ardin duduk termenung. Pikirannya masih bercabang dengan dua pilihan. Mau tidak mau Ardin harus bersabar. Ada berjuta rasa penasaran yang masih menjejali pikirannya. Sebenernya, Ardin juga tidak dapat membohongi perasaannya. Sementara Ardin masih terdiam dengan pikiran yang tidak keruan. Tiba-tiba Nadia menghubunginya. Awalnya ardin terkejut. Namun, Ardin senang. Dibaca pesan yang dikirim padanya, dan Dibayangkan wajahnya beserta senyumnya.

“Hai kak, nie nadia, kak lagi apa nie”. Itulah pesannya padaku. “

aku membalasnya dengan senang.“ hy juga, Ge santai aja nie deg”.

Fikri datang dan mengatakan bahwa ardin harus bersabar untuk mendapatkanya. “bang, fikri tahu hidup kita memang sedikit sulit. Yoda bang semua ada di tangan abang la ya.

Lagi-Lagi, Ardin berusaha untuk tidak mengecewakan siapa pun. Ardin terdiam tanpa memberontak sedikit pun. Akhirnya ardin berpikir kedepan. Inilah hidup, butuh pengorbanan dan perjuangan yang amat besar dalam mendapatkan mu.

Beberapa menit berlalu .

Sudah hampir 1 jam aku di kamar sambil manantinya. Kurasakan kegalisahan ku mulai merasuki tubuhku. Aku pun segera keluar dari kamarku dan menuju teras untuk keluar rumah menuju rumah Ryan. Aku tertunduk lesu menghampiri ryan. Ardin menceritakan kegelisahan ku pada ryan.

“ha…ha…ha…” ryan tertawa mendengar ceritanya. Ardin benar-benar heran mengapa ryan tertawa mendengar ceritaku.

“Apa yang lucu dari ceritaku ryan?”. Suara ardin sambil heran.

“ aku lucu melihatmu din, masa gara-gara adik kelasmu itu tidak menghubungi kamu langsung khawatir.” Ujar ryan sambil tersenyum. “ Lagian din diakanbukan siapa-siapa kamu din, hayo….. Kamu suka ya sama dia?”. Ujar ryan Sambil mengolok-olok ardin.

“stay cool ja lagi yan, biasa ja gadak yang spesial  yan aku sama dia”.ujar ku sambil Merangkul bahu ryan.

“yauda, din., gak apa-apa lagi. Kalau iya pun gak masalah kali.” Kata ryan pada ardin sambil kecewa.

“jika aku menemukan cinta sejatiku, aku akan merasakan bulan seakan cemburu, angina seakan mengelus jiwaku, semua pangeran akan cemburu melihatku dan di saat aku menuemukannya aku akan merunduk di bawah sambil mengengam tangannya dan menciumnya, dan ku katakana padanya engkaulah bidadari yang layak untuk kucintai dan

kau rasakan hati ini telah kosong dan kuharap nebkaulah yang mengisinya dengan cintamu” ucap ardin sambil memperagakannya.

“hahah…hahah, ada ada aja kamu ini din, mana ada hal seperti itu, kebanyakan menghayalkamu teman !” ryan tertawa sambil merangkul ardin.

“kita liat saja nanti, suatu saat akan ku temui arti cinta sejati sesungguhnya meski k uterus dan terus mencobanya, dan meski cinta itu akan menjauh dariku.” Jawab ardin sambil melepas rangkulan ryan.

“ sudah din, sudah mala mini, uda mulai ngacoh kamu,! Balas ryan sambil meninggalkan ardin.

Kemudian Ardin berjalan tertatih-tatih menuju rumahnya. Sesampai dirumah ardin segera ke kamar dan menyusun buku-buku pelajarannya, tanpa disadar, hanp phone nya berbunyi singakt.

Hai kak, kog gak di balas sms nadia dari tadi, marah yak arena nadia ajak kak jalan besok, maaf deh kalau nadia mengajak kak. Tapi kak jangan marah yah.

 

Jujur, aku cukup khawatir dengan sms yang dia kirim, mungkinkah ini jebakan atau memang dia pengen mengajak ku. Tapi, pentingkah aku memikirkan hal seperti itu ? tidak ada manfaatnya..

Tiii….tiii….tut.taat….yuttt…ynyattt.

Dering hand phone membuyarkan renungkan ku. Belum sempat ku membalas smsnya. Dengan sigap. Tanpa pikir panjang langsung kuangkat.

“assalamu’alaikum?” sapa nadia

“Wa’alaikumussalam. Ada apa dek?” Tanya ku bersemangat. Dalam sekejap terdengar suara nadia yang lembut membuatku terhempas dalam buaiannya.

“hmm, kak ardin! Nadia Cuma mau bilang aja, nadia minta maaf kalau mendadak menngajak kak ke acara ultah kawan nadia, maaf yah kak. Itu keputusan kakak mau ikut atau tidak kak” jawab nadia.

“iya nad! Kak ikut kog, kak mau ikut sama nadia, tapi apa kakak tidak merasa asing diantara teman-temanmu? Tanya ardin.

“tidak kog kak, intan saja sudah mengijinkan nadia mengajak kak ardin. Tenang saja kakak nadia akan bersama kakak kog, jadi kakak jangan khawatir. Jawab nadia sambil bersemangat.

“ yasudah dek besok kan, kakak dating deh, ikut dek aja. Buat dek apa yang ngak. Jawabku sambil sedikit mengombal.

“makasih yah kakak, nadia mau tidur dulu, assalamu’alaikum kakak” ucap nadia

“met bobok nadia, moga mimpiin kakak yah, waalaikummussalam” balas ku.

Akhirnya mata ku ini tak dapat terbendung lagi, kucampakan hand phone ku diatas tempat tidur dan segera tertidur pulas.

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

Prasangka Buruk

            Di kelas, belakangan ini, Aku sering kesal dan serba salah. Bagaimana tidak? Sejak hudi dan munir bermusuhan aku tidak bisa akrab lagi dengan kedua sahabatku itu. Mereka sudah Hampir dua bulan tidak bertegur sapa. Apa lagi masalah persaanku kepada nadia. Aku sendiri tahu benar, mengapa mereka sampai bermusuhan seperti itu. Hudi tidak mau  menerima tuduhan Munir, yang mengatakan, Hudi telah berbuat curang dengan mencontek Kunci jawaban, ketika ulangan fisika sehingga Hudi mendapat nilai sepuluh.

Yang betul-betul membuat aku kesal, sekarang kalau aku bicara dengan hudi, munir menuduhku bersekongkol dengan hudi. Begitu juga sebaliknya,terutama, saat istirahat datang. Akibatnya, Aku kini lebih sering kekantin sendiri.

Pernah beberapa kali aku menganjurkan untuk berbaikan tapi mereka malah saling bermusuhan. Bahkan mereka sering berkelahi macam anak-anak.

“Walaupun Munir mau minta maaf, Aku tidak akan memaafkanya!” begitu kata Hudi sambil mencibir.

“Mungkin Munir salah bicara. Maksudku, ia dulu menuduhmu begitu dengan tidak disengajanya”. Bentak ku kepada Hudi

“Apa?! Tidak sengaja? Sudah jelas Munir menuduku mencontek. Bahkan ia pun berkata begitu padamu,kan?” Balas hudi sambil memandang tajam ke arahku. “Dan kau tahu sendiri, karena itu hampir semua anak dikelas, juga bu ratna menaruh curiga pada ku!” sambung hudi dengan suara keras ke arahku.

“Tapi kamu tidak melakukanya,kan?” potongku pada hudi.

“Oh, jadi kamu menuduh aku mencontek,begitu?”. Marah sambi menunjuk kea rah wajahku.

“Bu….bukan itu maksudku, di,” kilahku cepat, melihat hudi begitu marah.

“Ah,kalian memang berdua sama saja!” persetan sama kau!” bentak hudi sambil membentakku. Dan meninggalkanku begitu saja.

Aku hanya bisa menghela napas dalam-dalam. Sunguh aku telah bingung dibuatnya. Namun, bukanlah aku kalau harus menyerah begitu saja. Aku sudah bertekad untuk merukunkan kembali mereka berdua. Karena itu sepulang sekolah, Aku tidak Langsung pulang kerumah. Aku sengaja mendatangi bu Ratna di ruang guru.

“Selamat siang,bu….” Ucap ku ketika berhadapan denan bu Ratna.

“Oh, Ardin. Ayo masuk,” ajak bu Ratna padaku.

Aku segera masuk dan duduk di hadapan bu ratna. Aku tidak membuang-buang waktu lagi. To do point ja terus, ketika bu ratna menanyakan keperluanku. Aku menceritakan semua keadaan hudi,munir dan diriku sekarang ini.

“Baiklah kalau begitu, besok kalian bertiga akan ibu panggil ke kantor,” begitu janji bu ratna,setelah mendengar penjelasaanku.

Keesokan harinya, Ketika istirahat, Rizal sang ketua kelas memberi tahu bahwa aku,hudi, dan munir dipanggil menghadap bu Ratna. Hampir seluruh mata yang ada dikelas menatap kami dengan sinis.

“Ini pasti gara-gara kamu, din!” kata hudi dengan wajah tegang.”Mau apa sih kamu ini sebenarnya?!” sambungnya dengan sinis. Aku tidak menyahut. Sementara Itu, Munir sudah berlari di depan mereka, menuju ruang guru.

“kemarin Ardin menceritakan semuanya tentang kalian,” ucap bu ratna, ketika kami berada diruang guru. “ibu setuju sekali dengan apa yang dinginka ardin. Yakni, agar kalian bersahabat kembali,” ssambungnya. “Kami tidak bermusuhan kok,bu,” tukas Hudi.

“tidak usah menyangkal, hudi. Ibu sudah tahu,walaupun ardin tidak memberitahunya. Kejadian ini hendaknya kalian jadikan pelajaran. Bahwa perbuatan curang itu akhirnya hanya akan merugikan kita sendiri.”

Aku terdiam, mendengar ucapan bu ratna. Apakah benar hudi telah berbuat curang. Dan apakah benar tuduhan munir pada hudi itu?

“kalian Tahu, waktu ulangan tiga hari yang lalu? Ibu sengaja Membuat soal yang sama dengan soal ulangan 1 bulan yang lalu. Karena ibu piker kalian belum menguasainya. Sambil marah dan memukul meja.

Hudi padahal 1 bulan lalu kau dapat nilai sepuluh,tapi sekarang nilaimu jatuh sekali,” bentak bu ratna sambil melihat hudi.

Seketika itu wajah hudi memerah, lalu terdiam tertunduk malu. Aku dan munir hampir bersamaan melirik ke arahnya. Jadi memang benar hudi telah berbuat curang,dengan melihat kunci jawaban itu.

“Sekarang tidak ada alas an lagi bagi kalian saling bermusuhan. Dan ibu berpesan agar kalian giat belajar.

Aku dan munir ikut merasakan bagaimana perasaan yang dialami hudi sekarang ini lalu Mereka melangkah keluar sambil bergandengan tangan, diiringi oleh senyum dan tatapan bahagia, aku merasa senang melihat mereka seperti itu

 



 

 

 

 

 

2 Hati 1 Cinta

Taman sekolahseperti kembaran taman surge. Udaranya selalu serembak wangi. Tak heran kalau kupu-kupu dan burung madu enggan meningalkan taman ini. Siang telah menghampiri. Matahari telah bersiap ke peraduan. Burung-burung semakin ingin bernyanyi melihat keindahan. Rasanya mata enggan meningalkan keindahan sang kuasa.

Di sudut taman, nadia sedang duduk bersama beberapa temannya. Menikmati kubah langit yang tersepuh lembayung mentari. Nadia seumpama bidadari dari surge, membuat mata lelaki terpesona.

Di dekat terimbun mawar disudut taman,  duduk lah mai dan dave, mereka tampak begitu mesra dan sedang terlibat obrolan seru.

“ sayang, hari ini aku akan ikut bersamamu menemani pergi ke acara ultah temanmu!” bisik dave kepada kekasihnya.

“ makasih sayang, aku juga sangat senang jika engkau ikut bersama ku!” balas mai sambil berada di dalam pelukan deve.

“Hahaha… dasar gombal mereka, sok mesra banget sih” seloroh rabiyah pada nadia.

Sementara itu nadia yang sedang merasa kesal, ketika mendengar dan melihat dave  bermesraan bersama mai. Ayo kita dengarkan diam-diam.

“ sejak mereka pacaran, rasa dunia ini milik mereka berdua, sok kali sih”. Jengkel raya.

“Diamlah!” nadia mengingatkan dengan meletekan telunjuk tangan di bibir. Tiba-tiba mereka tekejut ketika mai mengetahui mereka sedang mendengar pembicaraan mereka.

“ nadia! Kamu jadi ikutkan ke ultahnya intan”  Tanya mai pada nadia

“ maaf mai, hari ini aku ada acara lo sama kakak ardin.” Jawab nadia dengan sedikit sedih.

“ nadiiaa!! Apa kamu marah jika aku bersama dave ? Tanya mai sembil memengan nadia.

“ nggak apap-apa, kalau kalian memang cocok sie!” jawab nadia sambil mengaruk kepalanya yang tidak terasa gatal.

“ perasaan mai, tak enak kepda nadia,! Mai harap persahabatan kita akan berjalan selama.

“ hei maai, nadia sudah pacaran lo sama kakak ardin !!” potong rabiah.

“haa? Kakak ardin yang bintang sekolah itu yah !!, benar nie nad? Tanya mai dengan heran.

“hmmm…, ia sih aku sudah sama kakak ardin, jadi kamu ngak usah khawatir” tersentak nadia langsung menjawabnya

“ kamu serius nadia!, kalau begitu kita kencan ganda hari ini yah, gak usah dating ke ultah intan” ucap mai sambil meloncat gembira dan segera meninggalkan nadia.

“ harusnya aku menolak tadi diajak kencan ganda, kamu sih biot ntah apa bilang uda sama kakak ardin” bentak nadia sambil memukul rabiyah.

“ yasaudah ajak aja sana kakak ardin, pacarin aja terus” seloroh rabiyah.

“huu…. Omak mu lah biot, mana mau kakak ardin sama aku” jawab nadia dengan kecewa.

“ sudahlah nadia, kamu gak usah munafik, kamu suka kan dengan kak ardin, nampaknya kakak ardin suka juga kog sama kamu. Tunggu apa lagi” ujar rabiah sambil memberi semangat.

Denagn langkah tak menentu nadia berjalan menuju kelas untuk menemui mengambil hand phonenya, tanpa pikir panjang nadia dengan sigap meng-sms kakak ardin.

Kakak nadia mau ngajak kakak ardin nge-date ganda, tapi kakak pura- aja jadi pacar nadia yah. Kalau kakak mau dating di depan sekolah sekarang juga.

            Dengan perasaan tak menentu dan nadia berharap kejadian ini tak pernah terjadi. Hanya membuat luka saja hal seperti ini. Ku harap kakak ardi mau menerimanya, dan mengetahui bahwa ku juga mencintainya.

 

 

*****

 

Di depan sekolah langit cerah suasana bagai disebuah tempat yang terindah dibumi ini, nadia sedang menunggu dan memikirkan ada konsenkuesi dari perbuatannya ini.

“ kalau dia nggak datang, aku terpaksa menggaku bohong deh” ucap nadia dalam hati.

Terdengar dari kejauhan suara memangil namanya.

“ nadiia!!, kamu sudah lama mununggu yah? Mana kakak ardin” Tanya mai sambil menggandeng tangan dave.

“maaf mai, sebenarnya aku dan kakak ardin!” jawab nadia dengan terbata-bata.

Tiba-tiba suasana menegangkan ini semakin membuat nadia takut untuk mengatakannya. Beribu perasaan yang dirasakan membuat nadia binggu bagaimana mengatakannya. Ternyata ketegangan pun terpecar ketika terdengar dari kejauhan suara yang tidak asing lagi.

“ hai nadia, maaf jika kakak membuatmu menunggu yah.” Sapa ardin sambil mendekati nadia.

“Hai, aku ardin!” sapa ardin kepada maid an dave.

“wahh!!,, kakak ardin kerennya” kagum mai sambil memeluk dave.

“ kakak ardin” heran nadiia

“ sudah nadiia semua kakak atur kog, tenang saja kakak mau kog berkorban apa aja asal kamu bahagia” biski ardin di telinga nadia.

“ terimakasih kakak, maaf yah nadia memperlakukan kakak seperti ini?” jawab nadia

“ hmm… mesranya mereka!” ucap mai pada dave.

“yuk kita pergi kemana ini, jangan lama-lama disini!” ajak ardin sambil menggandeng tangan nadia.

“ kakak ardin tidak marahkan nadia beginikan?” Tanya nadia

“ buat nadia apa sie yang nggak” jawab ardin sambil mengombal.

“ nadia, jangan berdua saja lah kenali lah sama mai kakak ardin?” potong mai.

“ iya deh, kenalan sini!” ajak nadia.

Telah lama asik mereka salang berkenalan dan berbincang-bincang membuat suasana semakin larut dalam cinta tak terasa perut yang sudah kosong.

“ yuk, makan dulu!” ajak ardin

“hmm… boleh juga tu usulmu bos!” ujar dave.

“ sayang, mai boleh minta sesuaatu tidak ?” Tanya mai sambil memegang dave.

“ boleh kog saying!” balas dave.

“ mai mau selalu di dalam kehangatan dan cinta dave, mai ngak mau kita berpisah!” jawab mai dgn memeluk dave.

Melihat kemesraan dave dam mai, membuat perasaan nadia semakin terpukul dengan semua ini.

“nadia, gandeng aja tangan kak, kalau itu bias menghilangkan beban nadia!” ajak ardin sambil mengulurkan tangannya.

“ iya, tapi kalau begini, dek yang merasa tidak enak ke kakak?” Tanya nadia dengan tertunduk.

“ kakak melakukannya karena kakak menggap nadia bagian dari hidup kakak!” jawab ardin.

“ terima kasih kak, kak baik sekali,” sambil mengandeng tangan ardin.

“ nadia, lihat ini !” teriak mai.

Nadia menyadari perbuatannya ini hanya semakin membuatnya terlauka namun untuk menutupi kesedihanya dengan tersenyum, meskipun didalam hatinya terluka melihat dave orang yang dia suka telah dimiliki oleh sahabatnya sendiri. Sambil menghampiri mai “ wah kelihatannya cicin ini cantik yah?” ucap nadia.

“iyah ini nad, tapi dave baru saja membelikanku cincin untukku semalam, kamu saja deh sama kakak ardin!” usul mai.

Mendengar perkataan mai, membuat nadia semakin hancur ketika mengetahui hal tersebut, nadia terus melamun meikirkan tekdir cintanya ini.

“ nadia mau, nie kakak belikan” sambil meletakan cincin itu ketangan nadia

“ jangan kakak, nadia tidak bias menerimanya!” tolak nadia.

Meskipun dalam hati nadia merasa nyaman dengan keberadaan kakak ardin disisinya, kehadiran kakak ardin membuat luka hatinya semakin berkurang.

“ ternyata kakak ardin baik yah sama nadia, kalau begini sih mai ngak merasa cemas denagn hubungan ku dengan dave!” jawab mai.

Sambil melamun nadia terus memikirkan, semua pengorbanan ardin kepadanya, meskipun ardin tahu bahwa dia telah dipermainkan dengan sikapku ini, sebenarnya aku juga sanagt mencintai kakak ardin tapi aku takut jika kakak ardin meolak persaanku ini.

“nadia, kamu baik-baik saja kan? Sentak mai.

“ iya mai, nadia ngak apa-apa kog!” jawab nadia.

“ yasudah nad, kita pulang yuk!” ajak mai sambil menarik tangan nadia.

Suasana gelap mulai menghampiri, sang bulan pun sudah keluar dari persembunyiannya, angin malam membuat suasana semakin dingin, terasa seluruh tubuh semakin mengigil. Tetapi nadia semakin sakit hatinya ketika melihat dave mencium bibir mai denga kelembutannya, tanpa sadar nadia berlali, menangis sambil memeluk ardin.

“  kakak ardin nadia ngak kuat kalau terus begini, lebih baik nadia mati saja. Padahal dave talah menipuku dengan mengatakan bahwa dia sangat menyukaiku. Tapi dia malah pergi dengan sahabatku sendiri, nadia sudah tidak tahan jika terus begini kakak!” keluh nadia masih dalam pelukan ardin.

Tiba-tiba ardin mencium bibir nadia dengan penuh kecintaannya. Tapi dengan cepat nadia menolak ciuman tersebut dengan kesal nadia bertanya” apa yang kak ardin lakukan?, kenapa kakak ardin menciumku!!”

Dengan sedih ardin menjawab” aku hanya ingin kamu menangis dek, lebih baik kamu tumpahkan air matamu sepuasnya daripada memendamnya den menagis dalam hati, jangan malu sama kakak, menagislah kalau kamu mau, aku dating kesini untuk menampung semua air mata dan lukamu!”

“ sebetulnya kakak nadia sangat ingin selalu bersama kakak ardin, nadia ingin kakak tahu perasaan nadia ini ke kakak, nadia sangat mencintai kakak ardin, namun nadia sulit melupakan dave.” Jawab nadia sambil memeluk kakak ardin

“ maaf nadia untuk kali ini kakak masih merasa nadia belum mampu melupakannya, kakak biarkan besok pagi untu nadia berpikir dan kakak juga akan berpikir apa selanjutnya dari perasaan ini” jawab kakak ardin sambil melepaskan nadia dari pelukannya. Sebaiknya kita pulang sudah terlalu malam.

 

 

 



 

 

 

HADIAH YANG TERINDAH

Di ruangan kamar yang kurasa surge bagiku. Mentari memasuki hangatnya melalaui jendela kamar yang tak terkunci, angina sejuk bertiup menerbangkan kelembutanya dan burug-burung bernyanyi merdu seakan ingin menghiburku. Hari ini hari yang sangat menyenagkan dan membahagiakan bagi ardin karena hari ini hari ulang tahunnya yang ke17 tahun, mungkin semua ini adalah hari special dalam hidupnya.

“Huuawwmm…. Sambil menguap dengan kencangnya. Ini hari ulang tahun ku, kuharap ini jadi hari sepesial untukku” ucap ardin dengan gembiranya. Tanpa sempat membersihkan wajahnya. Ardin segera berlari menemui mamanya.

“mam.., tahu tidak hari ini hari apa ma?” Tanya ardin sambil merangkul mamanya.

“ kalau tidak salah ini hari selasa kan?” jawab mamanya.

“ hmm…, iya sie ma Tapi ada yang special hari ini!” jawab ardin dengan agak kecewa.

“owh,iya mama lupa hari ini ada, meeting dikantor, dengan klain mama!” jawab singkat mamanya.

“ tapi mama, ini kan hari ulang tahu ardin” teriak ardin dengan kecewa.

“wah, mobilnya sudah datang” singkat mama sambil meninggalkan ardin.

Ardin berlari menuju kamarnya dengan perasaan kecewa membanting pintu kamarnya. sambil merenung dan mengeluh dalam hatinya.”  Kenapa di hari special ku ini semua, orang seakan ingin melupakan hari ini. Aku kecewa dengan semuanya. Aku selalu hidup dengan kesendirian, tidak ada satupun yang mengginkanku. Sekarang hari-hari ini sengat menyedihkan bagiku. Lebih baik aku kesekolah saja”.

*****

Sesampai disekolah ardin memoteret potret dari beberapa sudut. Selesai memotret, ardin melihat sekeliling dan menangkap nadia berjalan kearah nya. Segara saja ardin ingin memotretnya.

Cepat-cepat ardin bidikan kameranya kearah nadia . Ardin melihat seorang nadia berpakaian seragam sekolah dengan jilbab putih yang selalu membuatnya tampak anggun sambil mengendong tasnya, terlihat kesegaran dan kecerahan dari wajahya. Ia bahkan tidak Peduli, memandang ardin dengan senyuman nya. Dua kali ardin berhasil memotretnya.

“ kakak kelihatanya senang, ya?” katanya tiba-tiba memotong saat ardin ingin memoternya. “kakak punya banyak teman,lucu,keren,baik dan selalu bahagia lagi dalam menjalankan kehidupan ini”.

“Tapi, adik selalu senang kalau kakak senang”. “teman-teman adik bagaimana?” Tanyaku sesudah terdiam beberapa saat. ” alhamdulillah, sampai sekarang mereka juga selalu memerhatikan kakak, sekarang mereka sedang makan dikantin kak”.

“ ini hari selasa,” tiba-tiba nadia memecahkan kesunyiannya, “nanti sebentar lagi pasti mereka datang kesini kak. Mudah-mudahan mereka membawakan saya roti kak,” sambungnya mencoba berseloroh.

“ kakak ardin, dek mau ngucapi terimakasih buat yang semalam yah kakak!” ucap nadia sambil medekati ardin. “ sama-sama dek, lagian kakak hanya ingin membantu saja kog.!” Jawab ardin dengan singkat. “ kak nadia tahu hari ini hari ulang tahun kakak kan?” Tanya nadia dengan harap. “ iyah dek, kamu tahu dari mana sie?” jawab ardin dengan heran. “ nadia, tahu semua tentang kakak kog, selama ini nadia memperhatikan tentang kakak” jawab nadia sambil tersenyum dengan ikhlasnya. “ makasih dek, kalau uda ingat hari ini ultah kak!” balas ardin sambil menjabat tangan nadia.

“ nadia, yuk jalan kita hari ini yah, kamu mau tidak dek ?” Tanya ardin denagn senyumnya.

“ kemana kakak?” singkat nadia.  “ ulang tahun  kan Cuma setahun sekali jadi, mau kan nadia menghabiskan satu hari ini dengan kakak?” jawab dan Tanya ardin dengan coolnya. “ iya kakak, nadia senang kog kalau kakak senang” jawab nadia sambil membalas senyumku.

“Tuan putri boleh kugandeng tangan mu, biar pangeran mu ini yang menuntun jalan!” ucap adin mengulurkan tanganya.  “ hmm… kakak belum mirip pangeran, ckckck…” ejek nadia. “ nah kalu begini tuan putri, gimana ?” Tanya ardin sambil mengendong nadia. “ iya kak, turunkan nadia entar jatuh lagi” jawab nadia sambil mencoba turun.“ jangan lasak dong nadi, gak seru lo, ya udah kak turunkan”.

Tapi saat ardin mencoba menurunkannya nadia dan ardin terjatuh dibawah rumput hijau yang indah dibawah terik sang surya yang hangat.

“itu kan, kakak ardin sie, jadi jatuh jadinya” ucap nadia mencoba bangkit. “ nadia sie, lasak kali tadi kan jadih jatuh” jawab ardin sambil mencoba menbantu nadia berdiri.

“Nadia, ada yang mau kakak Tanya kan dengan nadia?, bisa tidak kita selalu bersama tanpa ada rasa yang menghalang hati ini. Kakak sayang nadia, perasaan ini tulus buat nadia, kakak nggak bisa mencintai wanita lain selain nadia, meski pun baru semalam dan hari ini kakak bisa sedekat ini dengan, tanpa kakak sadari kakak terlalut dalm kebahagian dan melupakan semua kesedihan kakak selama ini, meski kakak tahu nadi masih mempunyai cowok, tapi kakak harap nadia mau menerima perasaan ini ” ungkap ardin memeluk nadia sambil menangis..

“ nadia juga sayang dan cinta sama kakak kog, tapi dek nggak mau kalau kakak sedih dengan sikap dek ini, apa lagi nadi tahu banyak yang suka sama kakak.” Jawab nadia menahan tangis sambil membelakangi ardin.

“ nadia, kakak sangat menyanyangi nadia, ini tidak akan mengubah perasaan kakak ke nadia, kakak hanya sayang nadia, nadia jangan tutupi perasaanmu sendiri, selama ini kamu tahan semua sedihmu, kenapa nadia pendam semuanya sendirian, ardin kosongkan hati ini hanya buat tempat berlabuh nadia, kakak benar saying nadia” teriak ardin sambil menangis.

“ kakak ardin, nadia sayang dan cinta sama kakak, nadia inggin bersama kakak ardin selamanya, nadia nggak ingin sendirian lagi, dan hal yang paling berharga yang selama ini nadia harapkan akhirnya nadia temukan selama ini adalah selamanya bersama kakak ardin. Nadia tidak bisa menyembunykan perasaan ini, nadia akan putusi pacar nadia demi kakak.” Teriak nadia berlari sedih sambil memeluk ardin.

“  kakak ardin juga sayang nadia, kakak janji akan selalu mencintai nadia, nadia satu-satunya dihati kakak, kakak berjanji, nadia tidak akan kesepian lagi, kakak berjanji atas nama cinta.” Teriak ardin sambil memeluk cium nadia. Hari ini terasa indah bagi ardin dan nadia dan ini lah hadiah yang terindah yang pernah ardin dapatkan.

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MENCINTAINYA ANUGRAH TERINDAH

Pagi ini rasanya indah sekali, teasa berbeda bagi ardin. Karena ia tidak merasa kesepain lagi sebab nadia, peri cintanya selalu ada untuk memberi kebahagian untuknya.

Ardin melangkah dengan bahagia menuju sekolah tercintanya. Segera mencari kekekasih hatinya. Bagitu lama mencari tak kunjung tiba, perasaan bosan pun menghampiri, mencoba untuk meng-sms tetapi pulsa sedang tak berrsahabat. Tiba-tiba terdengan dari kejauhan sebuah suara yang tidak asing lagi bagiku.

“ kakak ardin, maaf yah nadia lupa bangunkan kakak pagi ini” sambil mengejek ardin. “hmm.., emang kakak anak kecil ini nad, pekek dibangunin segala pulak itu” jawab ardin sambil mecubit pipi nadia dengan geramnya.

“ kakak ardin, siang nanti makan bareng yah dikantin, nadia tunggu loh!” ajak nadia sambil mengandeng tangan ardin.

“ iyah deh sayang ku, ntar kakak kesana deh, sekalian ada yang mamau kakak kasih buat ayank nanti” singkat ardin sambil menuju kelas.

*****

            Metahari semakin terik, udara mulai menegluarkan keganasanya. Bel istirahat pun berbunyi. Ardin segera berlari menuju kantin. Ardin berlari dengan kencang dan menabrak arvy, arvy teman sekalas ardin salah satu cowok paling tampan di sekolah ini. Arvy bertubuh tinggi dengan rambut berantakan, yang menurut semua para gadis arvy adalah orang yang keren.

“ mau kemana kamu din buru-buru, seperti di kejar kantib kamu?” Tanya arvy.

“huwwss.. enak aja, emang eke bencong boo’k” sambil memperagakan.

“ jadi ngapain kamu lari-lari, kamu mau ke kantin yah rupanya din, jangan takut deh makanan dikantin gak bakalan habis” seloroh arvy.

“ buakn vy, ada yang mau di jumpai disana, soalnya ada yang mau ku kasih buat dia” jawab ardin dangan menunjukan sebuah surat.

“ apa an itu di?, surat cinta yah, ckckck, waduh, tumben kamu mau pacaran?” seloroh arvy.

“ bukan apap-apa vy. Awak kan juga manusia yang butuh cinta dan kasih saying juga vy” jawab ardin dengan senyumnya.

“ yasudah pergi sana keburu dia marah tu!” jawab arvy sambil meninggalkan ardin.

Ardin pun melanjutkan perjalanannya menuju kantin, terus mencari kekasih hatinya. Tanpa sadar ardin melihat nadia sedang duduk bersama teman-temannya. Mencoba memberanikan diri. Ardin mendatangi nadia.

“ boleh kakak duduk disini dek ? Tanya ardin. “ boleh kog kakak, buat kakak apasih yang tidak!” jawab nadia dengan gombalnya.

“ini ynag tadi kakak janjikan buat nadia, ini puisi buat nadia, kakak harap nadia tidak menghinannya. Soalnya kakak nggak pande buat puisi. Jangan dibuka dulu, sesudah kakak pergi” sambil menyerahakn dan meninggalkan nadia.

Dengan perasaan penasaran nadia dan teman-temannya ingin membuka puisi yang diberikan kakak ardin untuknya. Betapa bahagianya nadia ketika membaca puisi tersebut.setiap bait nadia membacanya dengan hati yang senang. Tanpa memperdulikan teman-temannya yang juga inggin membacanya meski nadia tahu bahwa mereka inggin membacanya juga.

 

 

 

 

 

 

 

“sayang ku !!

Apakah aku orang  yang pantas untuk mencintai mu

Akan menjaga mu selalu dalam hati ku

Apakah aku orang yang pantas bersanding disampingmu

Sayang q

Jadikan aku diantara yang kaupilih untuk mendampingi

dan mencintai mu

yang kuharapkan untuk memperoleh cinta dan kasih mu

yang kurindukan untuk datang menemui-mu

yang kuimpikan untuk menerima sayang mu

yang anugrahkan(kebahagian) melihat wajahmu

yang kaulimpahkan kasih sayang ku hanya untuk mu

yang ku lindungi dan ku jaga dari kebencian mu

yang kautengelamkan hatiku dalam cinta mu

yang kukosongkan hatiku hanya untuk mu

yang kubersihkan hatiku untuk diisi cinta mu

Kuharap kau berpaling kea rah ku

Hingga aku dapat memandangmu

Maka cinta yang ini dan itu

Bukan untuk-ku

Melainkan hanya untukmu

Karena engkaulah yang layak untuk dicintai

 

 

 

Setelah nadia membacanya. Ia dengan cepat berlari mengjar kakak ardin hanya untuk mengatakan betapa bahagianya dia dengan pemberian kekasihnya ini. Tapi setalah mengelilinggi sokolah dan mencari kekelas ardin namun ardin juga tak ditemukan juga. Nadia dengan cepat menghubungi ardin dengan hand phone nya.

“ asslamu’alaikum sayang lagi di mana nie, nadia mau jumpa sama ardin nie?” Tanya ardin. “ wa’alaikumussalam.., kakak lagi di pensi ini dek, ada apa yah?” jawab heran ardin. “ ini soal puisi yang kakak kasih tadi ke nadia”. Jawab nadia dengan bahagia. “ kenapa dek, jelek yah puisinya, emang dek dimana nie? Maaf deh kalau begitu. Kakak tidak pandai buat puisi!” jawab ardin dengan kecewa. “ tidak kog kakak, nadia senag dengan puisinya, nadia suka. Tapi kakak, nadia minta maaf yah?” jawab nadia dengan suara sedihnya. “ kenapa sayang ?”singkat ardin. “ nadia tidak bisa beri apa-apa buat kakak, nadia tidak pandai buat puisi kakak.”jawab nadia dengan agak sedih.

Tanpa sadar ardin sudah berada dibelakang nadia, sambil mematikan hand phonenya dan mengejutkan kekasihnya itu dari belakang. Dari tadi dia sudah bersembunyi dibelakang nadia.

“ kakak ardin, nadia terkejut lo.. nadia janji sama kakak akan jadia yang tebaik buat kakak ardin. Karena nadia sayang sama kak ardin” jawab nadia dengan sedih.

“ nadia kekasih hatiku., berjuang bukan berarti memaksakan diri. Kamu hanya perlu berusaha sesuai kemampuanmu saja. Selain itu. Aku melihat banyak kebakan dalam dirimu. Seharusnya nadia lebih percaya diri.

“ iya kakak nadia senang mendengar itu dari ucapan perasaan tulus kakak!” jawab nadia dengan agak senang.

“ sebenarnya aku sudah kamu beri hadiah yang tak ternilai harganya. Selama ini kamu telah memberikan cinta yang kurasa itu anugrah. Aku tidak pernah mencintaimu karena kecantikanmu dan bukan karena kebaikanmu tapi dari ketulusan hatimu padaku. Tapi itu sudah cukup bagiku sabagai hadiah yang pernah kamu beri padaku. Yang ku butuhkan bukan sebuah hadiah mewah tapi kesetian dan kepercayaanmu kepadaku.” Jawab ardin sambil mendekati nadia.

“ iya kakak nadia janji kan selalu memberikannya pada kakak” jawab nadia sambil tersenyum bahagia.

By ardinsahputra

puisi cinta


 

“sayang ku !!

Apakah aku orang  yang pantas untuk mencintai mu

Akan menjaga mu selalu dalam hati ku

Apakah aku orang yang pantas bersanding disampingmu

Sayang q

Jadikan aku diantara yang kaupilih untuk mendampingi

dan mencintai mu

yang kuharapkan untuk memperoleh cinta dan kasih mu

yang kurindukan untuk datang menemui-mu

yang kuimpikan untuk menerima sayang mu

yang anugrahkan(kebahagian) melihat wajahmu

yang kaulimpahkan kasih sayang ku hanya untuk mu

yang ku lindungi dan ku jaga dari kebencian mu

yang kautengelamkan hatiku dalam cinta mu

yang kukosongkan hatiku hanya untuk mu

yang kubersihkan hatiku untuk diisi cinta mu

Kuharap kau berpaling kea rah ku

Hingga aku dapat memandangmu

Maka cinta yang ini dan itu

Bukan untuk-ku

Melainkan hanya untukmu

Karena engkaulah yang layak untuk dicintai

 

 

By ardinsahputra

5 cara mudah menabung


Harga barang-barang kebutuhan pokok yang terus naik tanpa dibarengi kenaikan pendapatan bisa membuat anda makin kesulitan dalam menabung. Apalagi, Bank Indonesia (BI) baru saja menurunkan tingkat suku bungan acuan alias BI Rate menjadi 5,75%.

Itu berarti tingkat suku bunga tabungan kita di bank pun berpotensi diturunkan. Tapi jangan harap bunga kredit bisa turun, apalagi mencapai single digit alias di bawah 10%.

Dalam situasi seperti sekarang ini, anda harus lebih pintar lagi menyimpan uang, kalau bisa tanpa sadar anda bisa menabung secara otomatis. Berikut ini adalah lima tips untuk menyimpan uang tanpa anda sadari, seperti dikutip dari Investopedia,

1. Jalankan pilot otomatis anda

Salah satu trik untuk membiasakan diri dalam menambung adalah menempatkan simpanan di atas segala. Jadi, begitu tagihan bulanan datang, jangan langsung menyusun daftar yang harus dibayar. Tapi sisihkan sebagian uang untuk anda simpan terlebih dahulu.

Dengan begitu, setelah anda menyusun seluruh daftar tagihan dan menyiapkan uangnya, secara tidak sadar anda sudah punya uang untuk disimpan, kalau ternyata tagihannya tidak terlalu banyak. Tapi, jika ternyata tagihannya cukup banyak, anda bisa mengambil sebagian uang yang sudah anda simpan pertama kali.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah meminta kepada bank anda, jika memungkinkan, untuk memisahkan sebagian uang anda ke akun terpisah setiap bulan setelah gajian. Dengan begitu, anda tidak akan sadar akan jumlah uang yang anda simpan meski jumlahnya sudah menggunung.

Jumlah yang harus disisihkan tidak perlu terlalu besar. Hanya dengan Rp 200 ribu per bulan, anda akan punya Rp 2,4 juta dalam setahun, tanpa anda sadari.

2. Simpan kembalian

Masih ingat waktu anda belajar menabung dari uang receh jaman masih bocah? Tidak ada salahnya untuk mengulang kembali kebiasaan ini. Mulailah dengan mengosongkan uang receh di dompet anda setiap akhir minggu, taruhlah di tempat yang sudah disiapkan.

Anda bisa melibatkan keluarga juga dalam melakukan tabungan kecil ini. Apalagi jika anda punya anak, kebiasaan menyimpan uang ini sangat bagus, karena si kecil akan menghargai uang meski itu nilainya kecil. Jika tabungannya mulai penuh, tukar uang receh di bank terdekat atau tempat penukaran uang lainnya.

Jika anda melakukan hal ini secara rutin, bukan tidak mungkin dalam satu tahun nilainya bisa menembus jutaan tanpa anda sadari. Dengan begitu, anda juga akan lebih menghargai uang recehan dibandingkan sebelumnya.

3. Jangan diingat-ingat kalau anda sudah naik gaji

Gaji anda naik? Selamat! Tapi, sebelum anda tidak berpikir waras dan ingin segera belanja sesuatu, sebaiknya anda tidak perlu mengingat-ngingat kalau anda baru saja naik gaji.

Sebaiknya anda masukan selisih gaji baru ini ke dalam tabungan seperti yang disebutkan dalam poin pertama tadi. Sehingga, uang yang anda sisihkan setiap bulan jumlahnya makin bertambah tebal.

Hal ini agak susah dilakukan jika gaji yang naik hanya rutin tahunan, tapi jika gaji yang naik karena promosi anda bisa leluasa mengatur tabungan anda. Akan lebih baik lagi jika selisih gaji baru tersebut bisa anda simpan untuk dana darurat atau bahkan dana pensiun.

4. Jalankan kebiasan

Jika akhirnya anda sudah selesai membayar cicilan mobil yang butuh waktu bertahun-tahun, jangan mulai cari kredit lain, tetapi tetap sisihkan uang yang sama untuk masuk langsung ke tabungan anda. Kebiasaaan kredit anda bisa diubah menjadi kebiasaan menabung.

Bahkan, anda bisa memasukan kredit ini ke tabungan otomatis yang sudah diminta kepada bank, seperti sudah disinggung pada poin awal tadi. Bayangkan anda masih punya utang untuk melunasi mobil, sehingga uang tersebut akan tersimpan dengan baik tanpa anda sadari.

5. Simpan ‘Harta Karun’

Kita semua pasti pernah mengalami hal ini, menemukan uang di lokasi atau benda yang kadang kita lupa. Contohnya, seperti menemukan Rp 50 ribu di saku jaket lama, atau bahkan di ransel yang dulu dipakai untuk liburan. Jangan langsung anda habiskan ‘harta karun’ seperti ini, sebaiknya anda simpan baik-baik di tabungan anda. Anggaplah sebagai dana kejutan untuk tambahan tabungan.

Tapi jika anda masih tergoda untuk membelanjakan uang tersebut, ada baiknya dibagi dua saja, setengah untuk jajan, setengahnya lagi ditabung. Dengan begini, anda masih bisa menyiapkan dana untuk masa depan dan tetap bisa bersenang-senang dengan membelanjakan ‘harta karun’ tersebut.


Kesimpulan:

Menabung atau menyimpan uang tidak perlu dibuat sulit. Dengan beberapa tips ini, anda bisa menabung tanpa harus merasa terbebani, bahkan anda tidak akan sadar jumlahnya begitu besar hanya dalam waktu singkat.

By ardinsahputra

Rahasia para genius didunia


Rahasia Para Genius di Dunia

Kalau anda mengira genius merupakan bawaan yang memiliki IQ jauh di atas rata-rata, anda salah. Mereka hanya berhasil menggunakan kemampuan otaknya lebih dari orang-orang biasa.

Sebenarnya semua orang pun bisa mengembangkan kemampuan berpikir seperti otak mereka, hanya dibutuhkan kemauan dan kerja keras.

Bill Gates, si pemilik perusahaan Microsoft yang juga merupakan 1 di antara para genius mengatakan bahwa 99% yang menciptakan kegeniusan adalah kerja keras.

Genius di sini bukanlah seseorang yang memiliki IQ jauh di atas rata-rata, tetapi genius di sini adalah Expert atau para ahli di bidangnyaBagi mereka para genius, hanya ada 3 kunci untuk kegeniusan mereka, kita pun bisa menjadi bagian dari mereka, dengan kunci kemauan dan kerja keras.

Rahasia 1

Si genius bisa mencari cara sendiri untuk menguasai hal-hal yang belum di kuasainya. Para genius menciptakan metode belajar sendiri yang paling cocok dengan diri mereka. Jika tidak menguasai suatu subjek, mereka akan cari tahu cara paling efisien untuk mempelajarinya.

Mereka terus mencoba (mereka tidak pernah berhenti mencoba jika belum berhasil) sampai mereka bisa menguasai yang ingin dikuasainya. Kalau gagal dengan satu metode, mereka akan mencoba metode lainnya.

Rahasia 2

Para genius memiliki motivasi yang “sangat, sangat, sangat besar!” untuk menguasai apa yang menjadi minatnya. Kadangkala mereka rela mengorbankan berbagai hal demi minatnya itu.

Inilah kisah Bill Gates salah satu orang terkaya di muka bumi, Bill Gates orang yang cerdas. Itu sudah pasti. Jika tidak cerdas, dia tidak akan bisa masuk Universitas Harvard, yang merupakan universitas terbaik di dunia. Tapi dia keluar.

Alasannya: “Aku ingin berbuat lebih.” Rupanya, dia tidak ingin hanya menjadi cerdas. Dia ingin menjadi seorang genius.

Dia sadar, terus kuliah akan mengurangi waktunya dalam mendalami software computer yang sangat diminatinya. Dalam pengakuannya, dia pernah tidak tidur selama berhari-hari ketika menyelesaikan software pertamanya.

Rahasia 3

Mereka yang genius memiliki visi masa depan yang jelas, konkret dan terukur. Apabila ditanya apa yang diinginkannya di masa depan, mereka akan menjawab tuntas hingga ke detailnya.

“10 tahun dari sekarang, saya akan menjadi seorang pengusaha mebel kayu jati yang produknya merambah seluruh Eropa. Karyawannya lebih dari 500 orang. Omsetnya lebih dari 50 miliar.” Itulah visi seorang pengusaha besar.

So, apa yang Anda pikirkan?
Anda bisa menjadi genius di bidang apapun yang Anda minati, jika Anda berpikir dan memiliki karakter seorang genius. Dan, tiga itulah rahasianya. Hanya tiga.

Cara sederhana menjadi genius. Jika 3 rahasia itu sudah Anda pegang dan Anda jadikan sebagai rahasia Anda juga. Maka inilah cara sederhana membangkitkan sosok genius dalam diri Anda:

Saat Anda ingin mengetahui sesuatu, katakan pada diri Anda sendiri: “Sisi lain dari ini apa, ada apa dibaliknya?”

Saat satu jawaban datang, terus tanyakan pertanyaan-pertanyaan itu kembali.

Hal-Hal Yang Bisa Membantumu Mencapai “Inner Genius”-mu

Setelah Anda tahu berbagai hal tentang genius dan tahu cara membangkitkannya, kini saatnya untuk tahu hal-hal apa saja yang bisa membantumu untuk membangkitkan “si genius” dalam dirimu.

Tidurlah cukup

Lho kok malah tidur, bukannya untuk melatih pikiran harusnya terus bangun? Ternyata tidak. Tidur setelah belajar justru meningkatkan kemampuan otak mengingat.

Saat terlelap tidur, otak kita justru bekerja keras memilah-milah informasi penting untuk kita, sehingga kemampuan memori kita menguat. Namun itu hanya berlaku bagi tidur yang lebih dari 6 jam.

Itu kenapa sistem belajar SKS (sistem kebut semalam) tidak direkomendasikan karena justru hanya melemahkan kemampuan berpikir dan kemampuan memori kita.

So, langsunglah tidur sekurang-kurangnya 6 jam usai belajar di malam hari. Dengan begitu, belajarmu akan memberikan hasil lebih maksimal.

Latihan fisik

Banyak-banyaklah melakukan aktivitas fisik seperti jalan-jalan, berolahraga permainan, senam, atau apapun. Melakukan banyak aktivitas fisik terbukti meningkatkan kemampuan berpikir otak.

Makan cukup

Kurang makan akan membuatmu tidak memiliki energi untuk berpikir cerdas, tapi terlampau banyak makan juga akan membuat otakmu menjadi kurang cerdas. Makan secukupnya dan selektif.

Hindari terlalu banyak makan-makanan dari lemak hewani. Banyak-banyaklah makan sejenis lemak yang bernama omega 3, yang terkandung dalam ikan, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Banyak-banyaklah juga makan buah dan sayuran. Para expert selalu tidak pernah berkekurangan atau berlebihan dalam soal makan.

Musik

Mendengarkan musik disinyalir bisa meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir, namun tidak secara langsung. Diketahui mendengarkan musik bisa membuat tubuh merasa rileks, perasaan negatif berkurang, dan menurunkan rasa takut.

Nah, hal-hal itu otomatis membuat kita bisa lebih fokus dalam berpikir. Namun diketahui tidak semua orang berhasil dengan bantuan musik. Sebagian orang justru tidak bisa berpikir sambil mendengarkan musik. So, cari cara Anda sendiri!

Jangan lupa bermain

Belajar terus menerus secara intensif tanpa istirahat dan tanpa jeda bukanlah perilaku yang bijak. Bermain itu menyenangkan. Selain bisa menghilangkan stress, bermain juga membuat kemampuan otak kita berpikir menjadi lebih cemerlang. So, sempatkan bermain.

Asal Anda tahu, seorang Albert Einstein dan Bill Gates saja selalu mencadangkan waktu setiap hari untuk bermain. Sebaliknya, jangan pula hanya bermain-main melulu. Hanya bermain tidak akan menjadikan Anda seorang expert.

Beberapa saran bermain:

1. Bermain secara fisik. Ikutlah dalam permainan fisik yang tidak ada target tertentu (bertanding untuk menang bukanlah bermain) dan yang tidak dibatasi waktu (maksimal beberapa menit untuk meraih poin tertentu bukanlah bermain).

2. Bermain dengan benda, seperti membuat sesuatu dengan tangan dan Anda menikmati aktivitas itu (lakukan saja, tanpa harus ada target harus membuat sesuatu. Just do it).

3. Bergabung dengan teman-teman atau orang lain dalam sebuah aktivitas yang terlihat tanpa tujuan, seperti hanya ngobrol dan tertawa bersama.

Meditasi

Meditasi rutin sangat membantu kerja otak. Cara yang paling sederhana adalah latihan nafas sederhana. Pertama, buat posisi tubuh dalam keadaan senyaman mungkin. Lalu tarik nafas lewat lubang hidung dan hirup dalam-dalam, lalu lepaskan perlahan-lahan dari lubang mulut. Lakukan itu berulang-ulang, sampai badan terasa segar.

Percaya kalau Anda bisa

“Meskipun berusaha sangat keras tapi Anda gagal juga. Lantas Anda berkesimpulan kalau Anda memang tidak cukup mampu.”

Nah, meskipun Anda berpikir demikian, para ahli psikologi menyatakan sebaliknya. Kegagalan semacam itu seringkali bukan karena kurangnya kemampuan, tetapi karena kepercayaan terhadap diri sendiri yang kurang.

Kebanyakan dari kita sudah terjebak dalam stereotip bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang bisa berhasil.

Alhasil, otak kita pun bereaksi menyesuaikan diri dengan kepercayaan itu. Jadinya, kita pun tidak mencapai performa terbaik kita karena pada dasarnya kita memang tidak terlalu percaya akan berhasil. So, percaya 100% Anda bisa, maka otak Anda akan membantu Anda.

Bermain video-game

Hm… rupanya bermain video game dalam waktu yang proporsional, akan meningkatkan kemampuan otak kita berpikir.

So, bermainlah video-game, terutama game-game strategi yang membutuhkan kemampuan Anda untuk dengan cepat mengambil keputusan.

Tetapi terlalu banyak bermain video-game juga akan membuat kemampuan Anda berpikir menurun. Usahakan tidak lebih dari 1 jam per hari untuk bermain.

Ternyata tidak susah untuk meningkatkan kemampuan berpikir otak kita. Mudah-mudahan resep di atas mampu merubah kemampuan berpikir teman-teman semua. Semoga bermanfaat.

By ardinsahputra

penyebab ngantuk setelah bangun tidur


Jika Anda sudah tidur berjam-jam tapi masih terasa ngantuk, maka Anda perlu mewaspadai adanya penyakit di dalam tubuh. Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah.

 

Namun kondisi tertentu dapat membuat orang selalu merasa ngantuk, bahkan di waktu kerja. Apa penyebabnya? Dilansir Webmd, berikut beberapa penyebab yang membuat orang selalu mengantuk sepanjang hari:

 

1. Anemia (kurang darah)

Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasa ngantuk.

 

2. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

 

3. Diabetes

Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

 

4. Dehidrasi

Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.

 

5. Depresi

Depresi bukan hanyan gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi.

 

6. Gangguan tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri.

 

Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.

 

7. Penyakit jantung

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

 

8. Sindrom kelelahan kronis

Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.

 

By ardinsahputra

gigi tanggal pertanda mau pikun


Mudah lupa merupakan gejala khas pada orang pikun yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak. Namun sebelum gejala itu muncul, proses kerusakan sudah dimulai. Gigi tanggal pada orang dewasa sering menandai dimulainya kemunduran fungsi otak.

 

 

 

Tidak seperti gigi susu pada anak-anak, gigi permanen pada orang dewasa tidak akan tanggal dengan sendirinya melainkan dipicu hal lain. Salah satu faktor yang memicu gigi tanggal adalah adanya masalah pada gigi, gusi dan mulut.

 

Ahli saraf dari Jepang, Dr Nozomi Okamoto dalam penelitian terbarunya menungkap bahwa kondisi kesehatan gusi yang merupakan penyebab gigi tanggal berhubungan erat dengan risiko kepikunan. Ia menyimpulkan hal itu setelah meneliti 6.000 lansia berusai 65 tahun ke atas.

 

Menurutnya, infeksi yang terjadi di gusi dapat menyebabkan senyawa tertentu yang memicu radang. Senyawa ini bisa terbawa oleh aliran darah menuju tempat lain termasuk otak, lalu menyebabkan radang di jaringan tersebut.

 

Radang yang terjadi di jaringan otak dapat menyebabkan kematian sel-sel saraf yang hampir seluruhnya berpusat di sana. Kerusakan pada saraf-saraf memori dan kognitif adalah penyebab utama terjadinya kepikunan pada orang dewasa maupun lansia.

 

Dr Nozomi mengungkap, lansia yang memiliki gigi yang masih lengkap punya risiko paling rendah untuk mengalami kepikunan. Sebaliknya, lansia yang tidak punya gigi atau sudah kehilangan sebagian giginya punya risiko tinggi untuk menjadi pikun lebih cepat.

 

“Hilangnya reseptor-reseptor di sekitar gigi berhubungan erat dengan matinya saraf-saraf tertentu di otak, yang nantinya memicu kemunduran fungsi kognitif,” ungkap Dr Nozomi seperti dikutip dari Healthday.

 

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Behavioral and Brain Functions beberapa waktu yang lalu.

By ardinsahputra

ada perang saraf saat berbelanja


Berbelanja adalah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stres terutama bagi kaum perempuan. Tapi saat orang berbelanja ternyata ada perang di otak.

 

 

Peneliti menemukan adanya tarikan perang saraf di otak ketika seseorang berbelanja. Belanja merupakan suatu kegiatan yang melibatkan interaksi berbagai faktor mulai dari genetik sampai tata letak dari suatu mal. Faktor-faktor ini mempengaruhi dorongan seseorang untuk membeli sesuatu.

 

Penelitian yang dipimpin oleh ahli saraf Profesor Brian Knutson dari California menuturkan adanya tarikan perang saraf di otak ketika seseorang berbelanja. Hasil penelitiannya dilaporkan dalam jurnal Neuron.

 

Hal yang terjadi di otak dan memainkan peran sentral ketika berbelanja adalah meningkatnya produksi neurotransmitter dopamin, yaitu respon menyenangkan yang berhubungan dengan makanan dan seks.

 

Tapi saat seseorang memikirkan harga dari barang tersebut otak akan mengaktifkan insula, yaitu suatu bagian dari korteks otak besar yang memainkan peran untuk merenungkan kerugian (untung ruginya).

 

“Ketika seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu, maka ia akan membuat keputusan emosional dan rasional. Seseorang memiliki keinginan untuk percaya bahwa ia membuat keputusan yang rasional, walaupun kenyataanya tidak. Hal ini yang menyebabkan terjadinya perang saraf di otak,” ujar psikolog Adam Ferrier, seperti dikutip dari ABC.net.au.

 

Berdasarkan laporan dalam Journal of Consumer Research apapun barang yang dipilih oleh seseorang baik saat membeli cokelat atau mobil sekalipun semuanya dipengaruhi oleh faktor genetik.

 

Selain itu jenis kelamin juga memberikan perbedaan dalam berbelanja. Perempuan memiliki afinitas pemikiran yang besar saat berbelanja, karenanya ia akan berjalan santai di setiap toko, memeriksa barang, membandingkan produk dan nilainya, berinteraksi dengan staf penjual, mengajukan pertanyaan, mencobanya hingga akhirnya melakukan pembelian.

 

Sedangkan pada laki-laki memiliki pemikiran yang berbeda, umumnya ia sudah tahu apa yang diinginkannya sehingga langsung mencari barang tersebut serta memiliki sedikit kesabaran untuk browsing.

 

Namun seseorang sebaiknya tidak belanja terlalu berlebihan, meskipun belanja bisa membakar kalori yang cukup besar tapi gila belanja termasuk kategori gangguan mental.

By ardinsahputra